Selasa, 10 Juni 2014

Teladan yang dapat di ambil dari Amerika Serikat sebagi negara adidaya





TELADAN YANG DAPAT DI AMBIL DARI
AMERIKA SERIKAT SEBAGAI NEGARA ADIDAYA
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Sejarah Amerika Serikat
Dosen Pengampu Dr. Suranto, M.Pd.


Tugas Ujian Akhir Semester (UAS) Individu
Oleh:
EUIS SUNDANI
120210302050
Kelas : B


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
UNIVERSITAS JEMBER
2014

Puji syukur kehadirat Allah Swt. Atas segala rahmat dan karunai-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah “Teladan yang dapat diambil dari Amerika serikat sebagai negara adidayayang merupakan salah satu dari komponen nilai tugas individu mata kuliah Sejarah Amerika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara pada Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas jember.
Penyusunan makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak.  Oleh karena itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada Drs. Suranto M.Pd , selaku Dosen pengampu mata kuliah Sejarah Amerika yang telah membimbing selama penulis menyelesaikan makalah ini.
Penulis juga menerima segala kritik dan saran dari semua pihak demi kesempurnaan makalah ini.  Akhirnya penulis berharap, semoga makalah ini dapat bermanfaat.


Jember, 8 Juni 2014



Penulis











BAB I PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang

Amerika merupakan benua yang memiliki penduduk yang berasal dari berbagai negara terdiri dari bangsa-bangsa emigran dari berbagai kawasan dunia, terutama dari kawasan Eropa sebagai bagian dominannya. Setiap bangsa membawa kepercayaan, adat istiadat, bahasa dan segi-segi kebudayaannya masing-masing ke Amerika sehingga Amerika menjadi periuk peleburan bagi segala jenis kebudayaan asli dan pendatang dari benua hitam Afrika. Itulah yang membentuk kebudayaan Amerika sekarang.
Amerika Serikat setelah kemerdekannya dari negara Britania Raya telah menjadi negara yang memiliki pengeruh bagi dunia. Terdapat beberapa hal yang membuat negara Amerika Serikat yang awalnya menjadi negara yang terjajah kemudian, menjadi negara yang dapat menyaingi atau melebihi negara yang dulu menjajahnya yaitu Britania Raya.
Saat ini Amerika Serikat dijuluki sebagai negara adidaya atau adikuasa. Hal ini di karenakan pada berbagai bidang kehidupan, misalnya ekonomi, militer, dan pendidikan Amerika Serikat dapat dikatakan lebih unggul dari pada negara – negara lainnya di dunia. Faktor yang sangat mendasar nagara Amerika Serikat dapat menjadi negara adidaya ini yaitu, dalam bidang ekonominya yang sangat maju. Ini dapat dibuktikan dengan banyak negara di dunia yang menjadikan dolar Amerika Serikat sebagai patokan nilai tukar mata uangnya. Artinya, nilai mata uang dari suatu negara itu ditentukan oleh dolar Amerika Serikat.
            Ekonomi Amerika Serikat maju di sebabkan karena beberapa faktor diantaranya dalam kemajuan bidang agrarianya dengan lahan pertanian dan perternakan yang sangat luas, kaya akan bahan tambang di perut bumi, sumber daya masyarakat yang memadai karena menguasai ilmu teknoligi, etos kerja masyarakat yang dinilai cukup tinggi, tingginya partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan pemimpinnya bertanggung jawab penuh dalam hal kesejahteraan rakyat. Sebagai negara adidaya, Amerika Serikat patut menjadi contoh untuk negara – negra lain dalam memajukan negaranya. Tidak terkecuali juga negara Indonesia yang saat ini menjadi negara berkembang. Negara Indonesia juga dapat mencontoh tindakan positif dari masyarakat dan pemimpin negara (pemerintah) Amerika Serikat. Agara dapat menjadi negara yang juga berpengaruh tidak hanya di Asia tenggara juga di dunia nantinya.
            Negara Adidaya Amerika Serikat ini dapat menjadi contoh yang baik untuk Indonesia dalam menjadi negara yang maju nantinya. Pembahasan ini sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Pada makalah ini akan dibahas lebih lanjut tentang teladan yang dapat diambil dari Amerika Serikat sebagai negara adidaya.

1.2         Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, permasalahan yang diangkat pada makalah ini sebagi berikut :
1.2.1          Bagaimana Amerika Serikat dapat menjadi negara adidaya?
1.2.2          Apa saja teladan yang dapat diambil dari Amerika Serikat sebagi negara adidaya

1.3         Tujuan sistem pendidikan di Amerika Serikat

Sejalan dengan rumusan masalah di atas, tujuan penulisan makalah ini diantaranya sebagai berikut :
1.3.1        Amerika Serikat dapat menjadi negara adidaya.
1.3.2        Teladan yang dapat diambil dari Amerika Serikat sebagi negara adidaya.



BAB II PEMBAHASAN


2.1         Amerika Serikat Dapat Menjadi Negara Adidaya

Negara Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang terletak di benua Amerika. Negara Amerika Serikat yang dalam bahasa Inggris disebut United States of America (USA) dikenal sebagai negara superpower atau negara adidaya. Hal ini dikarenakan Amerika Serikat memiliki peranan penting dalam kehidupan bernegara di muka bumi ini. Negara yang sering disebut negeri Paman Sam ini dipimpin oleh seorang presiden.
Negara Amerika Serikat berbentuk republik federal yang terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Dua negara bagian Amerika Serikat berada di luar kawasan Amerikan Serikat, yaitu Alaska di utara Kanada dan Hawaii di kawasan pasifik.
Secara geografi, Amerika Serikat berbatasan langsung dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, dengan Kanada di sebelah utara, dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan berbatasan dengan Samudera Atlantik di sebelah timur.
Negara yang beribu kota di Washington DC ini menjadi negara merdeka setelah memproklamasikan diri dari penjajahan Britania Raya pada 4 Juli 1776. Britania raya sendiri merupakan negara adidaya terlama di dunia ini. Berbagai rintangan seperti Perang Britania Raya-Amerika Serikat, Perang Saudara, perang Meksiko-Amerika Serikat, tidak membuat Amerika Serikat goyah. Perang Spanyol dan Amerika Serikat yang terjadi pada tanggal 25 April sampai 12 Agustus 1898, merupakan tampilnya Amerika Serikat dalam kontes adidaya baru. Dengan berperang melawan Spanyol yang dimana Kerajaan Spanyol pernah menjajah Amerika Serikat dan juga di segani sebagai adidaya baru setelah Britania Raya.
Setelah mendapat kemerdekaannya Amerika Serikat terus melakukan ekspansinya tanpa ragu-ragu. Hal ini dapat dibuktikan dengan Amerika Serikat dapat membeli kawasan Louisiana dari tangan Prancis dan Alaska dari kekuasaan Rusia. Tidak sampai disitu saja Amerika Serikat juga setelah perang dangan Mexsiko, Amerika Serikat dapat menganeksasi daerah-daerah milik Maxsiko diantaranya, New Mexsico, Texas, dan California.
Amerika Serikat mendapat julukan menjadi negara Adidaya juga karna keadaan ekonomi negaranya. Perekonomian Negara Amerika merupakan salah satu sistem perekonomian yang memiliki pengaruh penting dalam sejarah perekonomian dunia. Bahkan dengan segala pengaruhnya tersebut yang menyeluruh di muka bumi ini menjadikan Amerika sebagai negara yang menjadi panutan bagi negara lain khususnya dalam hal pembangunan sistem perekonomian.
Pada awalnya, perekonomian Amerika tidak berbeda jauh dari negara lainnya. Namun karena rakyat Amerika menjunjung tinggi pengabdian terhadap kepentingan demokratis yang akhirnya menjadikan negara ini sebagai negara yang kuat dalam berbagai bidang di banding negara lain, termasuk dalam bidang perekonomian.
Dasar kuatnya perekonomian Amerika Serikat sebenarnya dimulai pada saat Perang Dunia ke I. Pada saat itu berbagai sumber menyatakan ternyata Amerika telah menyusun strategi untuk mengatur perekonomiannya dengan baik kuat dimana negara – negara lain justru banyak sekali mengeluarkan dana karena perang Dunia I tersebut. Dengan strategi yang matang, Amerika benar – benar mengontrol perekonomian mereka sambil terus melakukan berbagai strategi untuk menguatkan perekonomian mereka. Hanya saja yang menjadi saingan Amerika saat itu hanya ada satu negara saja, yaitu Uni Soviet. Meskipun demikian, negara – negara lain banyak berkiblat ke Amerika Serikat untuk mencontoh cara mereka membangun sistem perekonomian yang kuat.
Amerika Serikat dengan motto In God We Trust memiliki sistem ekonomi kapitalis. Bisa dikatakan bahwa ekonomi Amerika Serikat merupakan salah satu ekonomi yang terpenting di dunia sehingga banyak negara di dunia yang menjadikan dolar Amerika Serikat sebagai patokan nilai tukar mata uangnya. Artinya, nilai mata uang dari suatu negara itu ditentukan oleh dolar Amerika Serikat.
Amerika Serikat memiliki sumber daya mineral yang kaya. Mineral yang terkadung di Amerika Serikat antara lain emas, minyak, batu bara, dan uranium. Selain sumber daya mineral, Amerika Serikat pun terkenal dengan bidang pertaniannya. Bidang pertanian yang menjadi andalan Amerika Serikat antara lain jagung, gandum, gula, dan tembakau. Sementara itu, dalam bidang teknologi, negeri Paman Sam ini dikenal juga sebagai negara produsen mobil, pesawat terbang, dan alat elektronik.
Dalam bidang pendidikan, di negarra Amerika Serikat dijalankan oleh negara dan pemerintah daerah yang diatur Departemen Pendidikan. Anak-anak di Amerika Serikat diwajibkan untuk memasuki pendidikan pada umur 6 tahun atau 7 tahun. Pendidikan dasar di Amerika Serikat seperti di Indonesia yang terdiri dari 3 jenjang, yaitu Elemetary School (SD/TK), Junior High School (SMP), dan High School (SMA).
Amerika Serikat memiliki banyak lembaga pendidikan tinggi swasta dan publik yang kompetitif. Diperkirakan, sebanyak 84% penduduk Amerika Serikat lulus dari High School (SMA), 52% masuk atau melanjutkan ke perguruan tinggi, 27% lulus sarjana, dan 9% meperoleh gelar sarjana muda. Dengan pendidikan yang merata dan berkualitas, hampir dipastikan tidak ada penduduk Amerika Serikat yang buta huruf.
Berbagai keunggulan dan kemajuan dalam berbagai bidang, membuat amerika dipandang menjadi negara yang maju, hingga di sebut sebagai negara adiaya. Saat ini, negara Amerika Serikat yang dipimpin oleh seorang presiden keturunan Afro Amerika pertama, yaitu Barrack Obama telah menjadi negara yang berpengaruh di dunia.

2.2         Teladan yang Dapat Diambil dari Amerika Serikat Sebagi Negara Adidaya

Sebagai negara Adidaya, Amerika Serikat dapat memberi contoh positif kepada negara-negara lain termasuk juga kepada Indonesia. Contohnya pada bidang ekonomi atau ketahanan militernya, juga bisa dalam bidang pendidikannya yang saat ini merupakan tujuan utama bagi para pelajar untuk menuntut ilmu disana.
Amerika Serikat sebagai negara adidaya memang pantas untuk dijadikan sabagi contoh. Karna pada setiap aspek bidangnya Amerika Serikat dapat menjadi yang terdepan dari pada negara-negara yang lainnya. Jika di telisik lebih jelas kemajuan negara Amerika Serikat yang sangat mendasar itu disebabkan kemajuan ekonominya.
Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi kemajuan bidang ekonomi di Amerika Serikat diantaranya yaitu ;
a)      Bidang agraria dengan lahan pertanian dan perternakan yang sangat luas.
b)      Kaya akan bahan tambang di perut bumi.
c)      Sumber daya masyarakat yang memadai karena menguasai ilmu teknoligi.  
d)     Etos kerja masyarakat yang dinilai cukup tinggi.
e)      Tingginya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
f)       Pemimpinnya bertanggung jawab penuh dalam hal kesejahteraan rakyat.
Jika dilihat dari faktor yeng mendasari kemajuan bidang ekonomi Amerika Serikat yang tertulis diatas. Maka, sebenarnya Negara Indonesia dapat mengambil contoh dari kemajuan dalam bidang ekonomi Amerika Serika juga dalam segala bidang yang membuat Amerika Serikat disebut sebagai negara adidaya. Karna sebenarnya Indonesia juga mampu untuk memejukan bidang ekonominya seperti halnya Negara Amerika Serikat.
Indonesia dapat mencontoh negara Amerika Serikat dalam mengelola bidang agrarianya karna sebenarnya Indonesia juga memiliki wilayah yang tidak kalah luas dengan Amerika Serikat. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia juga tidak kalah melimpah dengan kekayaan alam yang dimiliki Amerika Serikat. Namun, karna kekayaan alam yang dimiliki Indonesia belum dapat dikelola secara maksimal dan juga karana tenaga ahli untuk mengelolanya juga kurang. Sehingga kekayaan alam yag ada di Indonesia banyak yang dikelola oleh orang asing termasuk juga orang dari Amerika Serikat sebagai tenaga ahlinya.
Sumber daya masyarakat Amerika Serikat yang memadai karena, menguasai ilmu teknoligi, sangatlah memiliki peranan yang penting dalam kemajuan negara Amerika Serikat Sebagai negara adidaya. Sedangkan di Indonesia yang merupakan negara ketiga dalam peringkat masyarakat yang terbanyak, belum mampu dalam memadai masyarakat yang menguasai ilmu teknologi. Masih banyak masyarakat di Inodesia yang belum menguasai ilmu teknologi atau dapat disebut masih terbelakang. Padahal dalam dunia yang sekarang ini serba menggunakan teknologi, harusnya Indonesia dapat mencontoh negara Amerika Serkat untuk selalu membuat masyarakatnya belajar dalam menguasai ilmu teknologi.
 Etos kerja masyarakat Amerika Serikat juga dinilai cukup tinggi serta, tingginya partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Hal ini patut dicontoh oleh masyarakat Indonesia untuk dapat memajukan negara Indonesia. Selama ini masih banyak masyarakat Indonesia yang dalam mengerjakan pekerjaannya kurang memiliki etos kerja dan dalam bidang pembangunan negara masyarakat Indonesia hanya mengantungkan tugas itu kepada negara atau pemerintah tanpa ikut andil atau ikut mengambil bagian didalamnya.
Sekarang saatnya masyarakat di Indonesia harus mengubah sikap dengan menjadi masyarakat yang memiliki etos kerja yang baik dan dapat ikut serta mengambil bagian dalam pembangunan negara, seperti halnya masyarakat di Amerika Serikat. Selain masyarakat yang harus dapat mengubah sikapnya menjadi lebih baik, juga harus diiringi dengan pemimpin yang bertanggung jawab penuh dalam hal kesejahteraan rakyat seperti pemimpin yang ada di Amerika Serikat. Karena hal ini sangatlah penting, bila pemimpin bangsa tidak mampu bertanggung jawab penuh dapat mensejahterakan rakyatnya maka, dapat dipastika rakyatnya tidak akan mampu pula berpartisipasi dalam membangun bangsa dan negaranya.
Sikap masyarakat dan pemimpin negara adidaya (Amerika Serikat) yang baik ini memang patut untuk ditiru. Karena dengan itu negara Amerika Serikat yang awalnya dijajah seperti halnya negara Indonesia dapat maju menjadi negara adidaya di dunia seperti sekarang ini singga mengalahkan negara Britania Raya yang menjajahnya dahulu.





BAB PENUTUP

3.1         Simpulan

Amerika Serikat dipandang sebagai negara adidaya dan adikuasa karena, dalam berbagai bidang kehidupannya dianggap lebih maju dari negara lain di dunia saat ini. Jika dilihat dari faktor yang paling mendasari Amerika Serikat disebut sebagai negara adidaya yaitu, kemajuan ekonominya. Ini dapat dibuktikan dengan banyak negara di dunia yang menjadikan dolar Amerika Serikat sebagai patokan nilai tukar mata uangnya. Artinya, nilai mata uang dari suatu negara itu ditentukan oleh dolar Amerika Serikat.
Pada awalnya, perekonomian Amerika tidak berbeda jauh dari negara lainnya. Namun, karena rakyat Amerika menjunjung tinggi pengabdian terhadap kepentingan demokratis yang akhirnya menjadikan negara ini sebagai negara yang kuat dalam berbagai bidang di banding negara lain, termasuk dalam bidang perekonomian.
Sebagai negara adidaya, Amerika Seikat dapat menjadi contoh positif untuk negara – negara lain di dunia, termasuk juga untuk negara Indonesia dalam memajukan bidang ekonomian dan bidang yang lain. Contoh positif yang dapat diambil dari negara Amerika Serikat sebagai negara adidaya yaitu; Amerika Serikat sangat baik dalam memajukan bidang agrarianya dengan lahan pertanian dan perternakan yang sangat luas, Ameika Serikat juga kaya akan bahan tambang di perut bumi dan hal itu seimbang dengan sumber daya masyarakat yang memadai karena menguasai ilmu teknoligi, etos kerja masyarakatnya yang dinilai cukup tinggi dan tingginya partisipasi masyarakat dalam keterlibatan pembangunan negaranya. Sellain itu juga pemimpinnya yang bertanggung jawab penuh dalam hal kesejahteraan rakyat.
Negara Indonesia juga dapat mencontoh tindakan positif dari masyarakat dan pemimpin negara (pemerintah) Amerika Serikat. Agara dapat menjadi negara yang juga berpengaruh tidak hanya di Asia tenggara juga di dunia nantinya. Karena sebenarnya bila dilihat dari potensi georaris dan kekayaan alamnya Indonesia tidak kalah banyak dengan yang dimiliki Amerika Serikat. Jadi yang perlu diubah dari bangsa Indonesia ialah sikap masyarakat dan pemimpin negaranya yang setidaknya harus baik atau dapat lebih baik lagi dari sikap positif yang ditunjukkan oleh masyarakat dan pemimpin di Amerika Serikat. Tidak salah bila aegara adidaya Amerika Serikat ini dapat menjadi contoh yang baik untuk Indonesia dalam menjadi negara yang maju nantinya.

3.2         Saran  

Sebagai warga negara Indonesia yang ada di segala bidang dan mengemban segala  tanggungjawabnya masing – masing, haruslah dapat menjadi warga negara yang dapat mengerti hak dan kewajibannya masing – masing tanpa melebihi atau menguranginya. Sehingga bila setiap warga negara Indonesia dapat menjalaninya dengan baik maka, dipastikan bahwa bangsa ini akan menjadi bangsa yang besar seperti halnya negara Amerika Serikat.



DAFTAR PUSTAKA


Gray, Wood dan Richard Hofstadter. Garis Besar Sejarah Amerika.
Dermawan, Dwi. 2012. Sejarah Amerika Serikat. Tersedia di : http:// SejarahAmerikaSerikat.com (diakses tanggal 5 Juni  2014)
Siti, Sri Mawarni. 2013. Sejarah Perang Dingin. Tersedia di : http://SejarahPerangDingin.com (diakses tanggal 5 Juni  2014)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda